Waras di Zaman Edan :Renungan dan Hikmah dalam Humor

Kamis, 03 Oktober 2013

Judul            : Waras di Zaman Edan
Penulis         : Prie GS
Tebal           : 236 halaman
Tahun terbit : April 2013
Penerbit       : Penerbit Bentang

Sebenarnya saya agak bingung bagaimana meresensi buku Waras di Zaman Edan. Karena buku ini tidak termasuk novel yang biasa saya baca. Buku ini mungkin termasuk buku motivasi berbalut humor. Asyiknya membaca buku ini kita dapat menikmati setiap tulisan yang disajikan dengan cepat, karena setiap artikel berisi satu topik dan hanya terdiri dari beberapa halaman. Walau pun terkesan melompat-lompat dari satu tema ke tema lain, antar bab terdapat benang merahnya.

Prie GS dikenal sebagai salah satu budayawan yang cukup dikenal. Beliau dikenal sebagai kartunis, penulis dan penutur. Suami saya adalah salah satu penggemar acara radio beliau yang mengudara dengan tajuk, Kabar dari Sedulur. Semula saya sempat heran mengapa suami suka sekali dengan acara ini, hingga suatu kali saya mendengarkannya sendiri. Seingat saya saat itu topiknya tentang malas mandi. Saya sampai terkekeh mendengar penuturan beliau yang sederhana, mengena, penuh humor tapi juga memberi pandangan baru tanpa kesan menggurui. Tema-tema yang diangkat pun tidak jauh-jauh dari keseharian kita. 

Dan pada buku ini pun terlihat jelas ciri khas Prie GS. Topik yang sederhana, renungan yang mendalam diimbangi dengan humor-humor cerdas. Saya mengatakan humor yang cerdas karena cara bertuturnya memang berbeda dengan humor kebanyakan. Biasanya kalau dalam tulisan, untuk menunjukan bahwa bahasan itu lucu, ada tulisan berupa 'hehehe atau hahaha' dan sejenis. Tapi dalam tulisan Prie GS ini tidak ada sama sekali, nah disitulah keunggulannya. Tanpa harus ada hehehe, saya sudah bisa tersenyum, entah senyuman mahfum, faham atau merasa tersindir.

Membaca buku ini seakan-akan kita mendengar langsung suara si penutur, tapi memang lebih asyik mendengar siarannya di radio. Mungkin karena kebiasaan kali ya. Kekurangan dari buku ini tidak adanya ilustrasi sama sekali, coba kalau ditambah kartun-kartun lucu ya, bukankah masih ada hubungannya dengan cover buku yang berbentuk kartun juga. But anyway, buku ini bagus untuk kamu yang mencari bacaan enteng tapi sarat makna. Cucok lah ya dibaca sambil minum teh di pagi hari.
1 komentar on "Waras di Zaman Edan :Renungan dan Hikmah dalam Humor"
  1. jadi penasaran sama buku pak prie, mba. aku belum pernah baca sekalipun. huhu

    BalasHapus